Pemecahan Heme dan Siklus Enterohepatik

HEME

Sel darah merah memiliki umur normal sekitar 120 hari, Ketika limit waktu itu tercapai, sel darah merah akan dirombak dan dipisahkan dengan hemoglobin. Hemoglobin sendiri akan terurai menjadi heme dan globin. Rantai globin merupakan protein, yang dapat digunakan kembali untuk membentuk hemoglobin yang baru.

Sementara itu, heme yang merupakan porfirin besi, secara singkat akan diubah menjadi bilirubin. Bilirubin memiliki dua bentuk yaitu yang telah dikonjugasi dan yang belum dikonjugasi. Tugas pengkonjugasian ini dilakukan oleh enzim pada hepar. Hasil akhir proses ini adalah bilirubin terkonjugasi yang lebih polar dan relatif larut air.

Bilirubin akan dikeluarkan bersama asam empedu melalui saluran empedu (ductus billiaris). Warnanya kuning kehijauan. Sebagian besar bilirubin akan diserap kembali oleh vena-vena porta untuk kembali ke hepar. Proses ini dinamakan siklus enterohepatik. Sebagian kecil lainnya, oleh bakteri usus, bilirubin akan diubah menjadi sterkobilin untuk mewarnai feses dan urine.

just click n share yah…

Friends Added

Leave a comment