Glaukoma

Tuan Jajuli, 70 tahun, datang dengan keluhan nyeri pada mata kiri. Pada pemeriksaan ditemukam visus OS 1/~, didapatkan injeksi konjungtiva dan injeksi silier, COA kesan dalam, TIO 32 mmHg, didapatkan kekeruhan lensa, lensa mengkerut dan inti lensa berada di bawah. Funduskopi sulit dinilai. Apakah diagnosis yang tepat pada pasien ini?

A. Glukoma fakoanafilaktik

B. Glukoma fakolitik

C. Glukoma fakomorfik

D. Glukoma karena partikel lensa

E. Subluksasi lensa

Pada glukoma fakomorfik, bentuk lensa mencembung dan mendorong iris ke arah anterior dan menutup muara aquos humor. Sedangkan pada glukoma fakolitik, protein lensa lisis. Bahan protein lensa ini merupakan zat asing bagi tubuh, sehingga tubuh merespon dengan datangnya makrofag. Timbunan makrofag tersebut menyebabkan blokade pada jaring trabekular. Terjadilah glukoma sudut terbuka.

glukoma akibat lensa

glukoma fakolitik

Solved. Jawaban : Glukoma fakolitik

Tonsilitis

Anak Jairot usia 8 tahun dibawa ibunya ke IGD dengan keluhan demam sejak 5 hari yang lalu disertai batuk. Pada Pemeriksaan fisik didapatkan selaput putih keabuan pada orofaring. Pada hasil swab tenggorok didapatkan hasil basil halus, gram positif, granula pada kedua kutub. Komplikasi apa yang mungkin terjadi pada anak tersebut?

A. Obstruksi jalan nafas
B. Gangguan ginjal akut
C. Infeksi kelenjar ludah
D. Striktur esofagus
E. Spasme trakea

Basil halus, gram positif, dengan granula pada kedua kutub merupakan Corynebacterium diphteriae. Infeksi bakteri tersebut menyebabkan pembesaran pada tonsil dan berakibat obstruksi bila ukuran sangat besar. Komplikasi lain yang dapat terjadi adalah paralisis otot rongga mulut dan myocarditis. Terapi ADS (Anti Diphteria Serum) 40000 IU melalui IM atau IV.

Solved. Jawaban : Obstruksi saluran nafas

UMN dan LMN

Laki-laki 40 tahun, datang dengan keluhan nyeri pinggang dan lemah kedua ekstremitas bawah. Keluhan pasien didahului dengan demam dan nyeri. Pasien juga mengeluhkan tidak dapat mengontrol buang air kecil. Pemeriksaan neurologis didapatkan refleks achilles dan patella meningkat, serta didapatkan reflex patologis. Diagnosa pada pasien ini adalah …

a. Neuropati

b. Spondilitis

c. Mielitis

d. GBS

e. Radikulopati

Bullous Disease

Zizi, 40 tahun, datang dengan keluhan lepuh-lepuh pada kulit. Lepuh ini terasa nyeri namun tidak terasa gatal. Dua minggu yang lalu sebelum muncul lepuh, pasien mengalami sariawan yang cukup banyak pada mulut. Pada pemeriksaan fisik didapatkan bula kendur. Diagnosis yang tepat pada kasus ini adalah …

a. Steven-Johnson’s Syndrome

b. Toxic Epidermolysis Necrosis

c. Pemfigus Vulgaris

d. Allergic Drug Eruption

e. Pemfigoid Bulosa

Lepuh pada pasien ini tidak diawali dengan riwayat penggunaan obat, sehingga kelompok diagnosis drug eruption, SJS dan TEN dapat disingkirkan. Bula kendur dapat membedakan pemfigus vulgaris dari pemfigoid bulosa.

Pemfigus vulgaris sendiri merupakan proses autoimune terhadap protein pengikat antar sel pada epidermis, sehingga jangan heran bila didapatkan bula kendur. Bila dibandingkan dengan pemfigoid bulosa dimana proses autoimun terjadi pada basal membran makan akan ditemukan bula yang lebih tegang.

bullous disease

Solved. Jawaban Pemfigus Vulgaris

Pioderma

Anak Elisa, 6 tahun, datang dibawa ibunya dengan lepuh berisi nanah pada daerah leher sejumlah dua buah. Pemeriksaan didapatkan bula hipopion dan kolaret pada lesi. Tatalaksana yang tepat adalah …

a. Permetrin 5%

b. Cetirizin oral

c. Mometasone furoat krim

d. Cefixime oral

e. Mupirocin krim

Bula hipopion dengan kolaret, bula berisi nanah, diagnosa yang tepat adalah impetigo bulosa. Impetigo merupakan pioderma akibat dari Staphylococcus aureus sehingga dibutuhkan antibiotik topikal untuk mengatasinya.

Solved. Jawaban : Mupirocin krim

Hepatitis

Badur, 26 tahun, seorang koass, tidak sengaja tertusuk jarum suntik setelah mengambil sampel darah dari pasien hepatitis akut. Badur sudah menjalani vaksinasi hepatitis B lima tahun yang lalu. Pemeriksaan laboratorium bulan lalu menunjukkan titer anti-HBs Badur dalam jumlah yang adekuat. Apakah tindakan selanjutnya yang harus dilakukan pada Badur?

a. Jelaskan pada Badur bahwa dia saat ini terproteksi

b. Pemeriksaan HBsAg pasien

c. Pemberian HBIg dan vaksin Hep B

d. Vaksinasi Hep B ulang

e. Pemberian HBIg

HBIg (Immunoglobulin Hepatitis B) merupakan antibodi yang digunakan sebagai imunitas pasif, sedangkan vaksinasi Hepatitis B digunakan untuk merangsang tubuh membentuk antibodi secara aktif. Kedua zat tersebut hanya diberikan apabila pasien riwayat tertusuk jarum yang riwayat imunitasnya tidak diketahui. Imunitas pasif (HBIg) sebaiknya diberikan dalam 24 jam setelah pajanan.

Oleh karena pada kasus ini pasien sudah diketahui riwayat imunitasnya dan masih adekuat, maka cukup dengan memberikan edukasi bahwa dia masih terproteksi

Solved. Jawaban Jelaskan pada pasien bahwa saat ini terproteksi

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai serologi hepatitis, klik disini

Rate and Risk

Pada suatu penelitian dengan sampel mahasiswa, peneliti ingin membandingkan timbulnya stress diantara mahasiswa kedokteran dan jurusan lain. Peneliti mengikuti mahasiswa kedokteran dari tahun pertama sampai tahun kelima kemudian membandingkan tingkat stress yang dialami dengan jurusan lainnya. Apa parameter penelitian yang tepat untuk kasus di atas?

a. Insidens

b. Odds ratio

c. Prevalens

d. Relative risk

e. Nilai uji statistik

Desain penelitian yang dipakai pada kasus ini adalah Cohort. Penelitian dilakukan secara prospektif (maju seseuai garis waktu), serta membandingkan antara kelompok dengan pajanan (stress) yaitu mahasiswa kedokteran dan kelompok kontrol yang tidak mengalami pajanan. Oleh karena itu, parameter yang paling informatif pada penelitian di atas adalah relative risk.

Solved. Jawaban : Relative Risk

Untuk memahami lebih lanjut mengenai desain penelitian, klik disini

Bioetika

Suatu siang, terdapat 5 pasien yang sedang berada di UGD, namun hanya satu tempat di ruang perawatan intensif. Dari kelima pasien tersebut terdapatsalah satu yang Anda nilai paling gawat darurat dan Anda memprioritaskan dia. Salah seorang pasien memprotes karena merasa sudah antri lebih dahulu sejak tadi pagi. Secara bioetik tindakan Anda sudah benar karna telah sesuai dengan prinsip …

a. Beneficence

b. Non-Maleficence

c. Justice

d. Autonomy

e. Confidentiality

Empat kaidah bioetik, Beneficence, Non-Maleficence, Justice dan Autonomy

Beneficence

merupakan prinsip bioetik yang berlaku apabila kondisi pasien dalam kondisi yang wajar, biasanya kasus poliklinis, dimana penanganan yang dilakukan akan membawa kebaikan bagi pasien. Dokter memilih opsi penanganan paling baik diantara yang baik.

Non Maleficence

merupakan prinsip bioetik yang mendasari tindakan-tindakan darurat. Penanganan yang dipilih adalah yang sifatnya tidak mencelakakan dan tidak memperburuk keadaan pasien. Dokter memilih opsi penanganan paling baik yang dia mampu diantara hal buruk yang mungkin bisa terjadi pada pasien. Biasanya tindakan ini bersifat live-saving

Autonomy

merupakan prinsip yang dianut dimana dokter menghormati hak pasien untuk ikut dalam penentuan tindakan medis (informed consent), dengan syarat pasien harus telah dewasa dan kompeten.

Justice

merupakan prinsip bioetik yang mengutamakan prinsip persamaan dalam distribusi sumber daya dan melindungi kelompok yang rentan.

 

Pada kasus ini, pasien yang dipertimbangan dalam kondisi lebih gawat dibanding yang lain didahulukan, karena menganut prinsip justice, untuk melindungi individu yang lebih rentan, sehingga berlaku keadilan distributif.

Solved. Jawaban JUSTICE