Bioetika

Suatu siang, terdapat 5 pasien yang sedang berada di UGD, namun hanya satu tempat di ruang perawatan intensif. Dari kelima pasien tersebut terdapatsalah satu yang Anda nilai paling gawat darurat dan Anda memprioritaskan dia. Salah seorang pasien memprotes karena merasa sudah antri lebih dahulu sejak tadi pagi. Secara bioetik tindakan Anda sudah benar karna telah sesuai dengan prinsip …

a. Beneficence

b. Non-Maleficence

c. Justice

d. Autonomy

e. Confidentiality

Empat kaidah bioetik, Beneficence, Non-Maleficence, Justice dan Autonomy

Beneficence

merupakan prinsip bioetik yang berlaku apabila kondisi pasien dalam kondisi yang wajar, biasanya kasus poliklinis, dimana penanganan yang dilakukan akan membawa kebaikan bagi pasien. Dokter memilih opsi penanganan paling baik diantara yang baik.

Non Maleficence

merupakan prinsip bioetik yang mendasari tindakan-tindakan darurat. Penanganan yang dipilih adalah yang sifatnya tidak mencelakakan dan tidak memperburuk keadaan pasien. Dokter memilih opsi penanganan paling baik yang dia mampu diantara hal buruk yang mungkin bisa terjadi pada pasien. Biasanya tindakan ini bersifat live-saving

Autonomy

merupakan prinsip yang dianut dimana dokter menghormati hak pasien untuk ikut dalam penentuan tindakan medis (informed consent), dengan syarat pasien harus telah dewasa dan kompeten.

Justice

merupakan prinsip bioetik yang mengutamakan prinsip persamaan dalam distribusi sumber daya dan melindungi kelompok yang rentan.

 

Pada kasus ini, pasien yang dipertimbangan dalam kondisi lebih gawat dibanding yang lain didahulukan, karena menganut prinsip justice, untuk melindungi individu yang lebih rentan, sehingga berlaku keadilan distributif.

Solved. Jawaban JUSTICE

 

 

 

Leave a comment